Friday, 5 September 2014

Jamu untuk Selfie

Oleh: Osgar Karsena

Sumber: Dok. Pribadi
Time is Money. Ada yang percaya bahwa usaha atau kerja keras akan ada saatnya “bertemu” dengan peluang yang tidak diduga-duga. Perkembangan jaman kini memang dipengaruhi teknologi, tapi dari tahun ke tahun ada saja fenomena yang terjadi dengan tidak terduga. Selfie, merupakan kegiatan yang saat ini sedang nge-trend­. Kegiatan ini berawal dari fenomena potret-memotret yang tidak terduga baik di Nusantara maupun mancanegara karena mudahnya mengambil gambar dengan teknologi masa kini. Di Indonesia sendiri selfie sangat tidak asing di hampir kalangan manapun. Bersama teman-temannya, mereka melakukan selfie dengan salah seorang yang memegang kamera yang menghadap pada posisi mereka, baik dengan tangan atau tongkat. Namun ada saja diantara mereka yang kurang “lepas” saat ingin mengabadikan momen mereka. Salah satunya karena bau badan.
Sumber: http://www.vemale.com
Bau badan seperti di ketiak bisa saja ditutupi dengan deodoran misalnya, tapi ada batasan-batasan penggunaannya. Campuran bahan kimia ini tidak tahan dalam waktu yang lama dan pemakaian yang terlalu sering dapat menyebabkan bahaya pada kulit. Oleh karena itu ada baiknya masyarakat mulai membuka wawasan mengenai tanaman-tanaman herbal yang dapat menghilangkan bau badan dari dalam tubuh itu sendiri. Telah dipercaya racikan seperti: sari kunyit, daun sirih, dan jeruk limau dapat menghilangkan bau badan setahap demi setahap. Selain jamu untuk menghilangkan bau badan, terdapat juga jamu untuk menyegarkan badan yang berasal dari tanaman beluntas dengan nama Latin, Pluchea indica (L.) Lees. Khasiat lainnya adalah antioksidan dan antibakteri. Meskipun rasa asli jamu adalah pahit, tapi jamu dengan campuran gula aren atau gula jawa tidak akan mengurangi khasiatnya.
Jamu dapat diolah sedemikian rupa, menjadi minuman yang praktis dikemas, tanpa mengandung bahan kimia dan dijual di tempat umum. Dengan demikian, jamu menjadi minuman kesehatan yang dapat dikonsumsi siapa saja terutama anak-anak muda. Bila konsumsi jamu sama rutinnya dengan selfie, tidak menutup kemungkinan bau badan akan hilang dan kegiatan berkumpul dengan teman-teman akan menjadi lebih menyenangkan. Bila di antara masyarakat dan penjual jamu saling menguntungkan, maka pepatah time is money juga tidak “patah”. Oleh karena itu mulailah minum jamu, karena hampir setiap racikan jamu memiliki khasiat yang berbeda-beda. Dengan demikian, kita juga ikut memperkaya budaya Indonesia.

Daftar Pustaka:

http://www.gadis.co.id/gaya/cantik/ramuan.alami.penghilang.bau.badan/001/001/352

4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. ini menambah pengetahuan banget

    ReplyDelete
  3. Thx bro info ny, ternyata manfaat jamu bagus banget baru sadar

    ReplyDelete
  4. Manthab infonya! Layak di share bagi temen"ku niiih...

    ReplyDelete

Terimakasih untuk tanggapan/saran/opini.